Program IMTI 2018, Ambisi Kemenpar Untuk Kalahkan Malaysia

with No Comments

Ada peningkatan jumlah wisatawan muslim di seluruh dunia di mana terdapat 25 juta wisatawan muslim di tahun 2000 menurut data GMTI (Jakarta Data Global Muslim Travel Index) dengan jumlah yang terus meningkat hingga pada tahun 2018 sebanyak 131 juta wisatawan. Dengan perkiraan bahwa di tahun 2020 jumlah kunjungan wisatawan muslum secara global naik hingga 220 juta wisatawan. Fakta ini mendorong Kemenpar untuk lebih optimal lagi dalam menggarap market dari pariwisata halal.

Menyiasati hal ini akhirnya dikembangkanlah Program IMTI 2018 (Travel Muslim Index) pada selasa 5 Juni 2018 di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata, tepatnya di Balairung Soesilo Soedarman.

Ambisi Untuk Mengalahkan Malaysia

Program ini memiliki banyak kriteria yang sudah ada penetapannya dan peluncurannya dimaksudkan sebagai penentu peringkat berbagai destinasi wisata halal di Indonesia yang paling ramah terhadap wisatawan muslim.

Ketua Bidang percepatan Wisata Hakak, Rianto Sofyan, mengatakan bahwa upaya optimal oleh berbagai pihak belum optimal kendati di Indonesia terdapat banyak destinasi wisata halal yang muslim friendly. Menurut Rianto, hal yang harus diupayakan agar indonesia di kancah global bisa bersaing anara lain dengan mengembangkan wisata dengan pengalaman unik, diantaranya adalah lokal islamic heritage.

Sementara itu Arief yahya, Menteri pariwisata menegaskan bahwa nantinya upaya memenangkan destinasi wisata halal terbaik dunia versi GMTI (Global Muslim Travel Index) bisa dipicu dengan Program IMTI 2018 dengan target mengalahkan Malaysia hingga kita bercokol di posisi pertama.

Follow agung contentwriter:

Latest posts from