Gaya Hidup Halal dan Ekonomi Syariah

with No Comments

Di Indonesia, potensi terbesar yang harus digali dengan serius adalah keuangan dan ekonomi syariah. Alasannya karena prinsip syariah yang diterapkan dis sektor keuangan dan ekonomi akan mendorong perekonomian baik nasional juga regional.

Terkait Keuangan dan ekonomi syariah ini, kita tak harus berbicara muluk-muluk. BI (Bank Indonesia) mengkonfirmasi bahwa secara faktual perekonomian pun bisa didorong oleh gaya hidup halal atau halal life style.

Perry Warjiyo, Deputi Gubernur BI dalam event ISEF (Indonesia Sharia Economic Festival di Surabaya, Grand City, Rabu 9 November 2017 mengatakan bahwa bagi berbagai kalangan, gaya hidup halal bisa berlaku.

Menurut Perry, gaya hidup halal tidak hanya berkaitan dengan konsumsi produk halal, kosmetika halal, busana halal untuk muslim, tapi juga meluputi higienitas dalam proses produksi, keadilan, hingga perasaan nyaman dalam mengkonsumsi.

Salah satu contoh yang valid adalah dalam hal pemotongan hewan yang dimulai dengan ucapan basmallah, tapi tentu saja pengelolaan setelah dipotongnya hewan itu juga harus diperhatikan. Hal ini dilakukan melalui pengelolaan di lokasi yang bersih, berkemasan baik, dan tentu saja, bersertifikat halal.

Komponen-komponen dalam kehalalan itu sifatnya universal sehingga Gaya Hidup Halal nantinya tidak hanya bermanfaat untuk muslim saja, tapi juga untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Dunia usaha bisa digenjot dengan gaya hidup halal karena pada perkembangannya yang menuai manfaat bukan cuma kalangan pengusaha besar saja tapi juga hingga kalangan pesantren dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

“Halal itu bukan cuma saat seseorang makan daging halal dan membaca bismillah saat memotongnya saja, tapi harus higienis, dengan begitu ada nilai tambah di situ,” kata Perry.

Daripada itu Gaya Hidup Halal memerlukan pengembangan dan penguatan melalui riset dan edukasi yang luas. Di bidang pendidikan, penguatan hal ini bisa diupayakan dengan menciptakan kurikulum yang tepat dan banyak hal lainnya.

“Upaya yang dilakukan di sini mencakup kampanye gaya hidup halal, kewirausahaan syariah dan kurikulum ekonomi syariah,” tutup Perry.

Follow agung contentwriter:

Latest posts from