Diharapkan Terdapat Lebih Banyak Destinasi Wisata Halal di Daerah

with No Comments

Bambang Soesatyo, Ketua DPR memberi concern tersendiri pada wisata halal. Ia berharap agar kedepannya setiap daerah di Indonesia memiliki lebih banyak Destinasi Wisata Halal. Menurut Bambang, hingga saat ini belum semua tempat wisata memenuhi ketentuan sebagai destinasi wisata halal. Sebagian baru mendapat predikat muslim friendly.

Untuk mengatasi persoalan ini menurut Bamsoet, sapaan akrab Bambang, peran Kemenpar (Kementrian Pariwisata) hendaknya lebih taktis lagi dengan membangun kesadaran market (market awareness) untuk wisata halal. Ia berharap agar kemenpar menggandeng lebih banyak pihak mulai dari media (penta helix), komunitas, industri wisata, pelaku bisnis wisata, pebinis, akademisi, dan tentu saja, pemerintah daerah.

Arief Yahya yang memimpin Kemenpar diharapkan bisa bersinergi bersma unusr penta-helix

Kata Bambang, ini untuk mempercepat dikembangkannya Destinasi Wisata Halal di Indonesia.

Bukan itu saja, ia juga ingin agar sejumlah tempat wisata di daerah diberi sertifikasi sebagai persyaratan dari wisata halal melalui peran seluruh pemerintah daerah, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), juga Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) bersama Kemenpar.

Langkah ini untuk memberi perlindungan bagi wisatawan yang ingin merasa aman serta nyaman dari aspek syariah saat berwisata di Destinasi Wisata Halal.

Bambang mengatakan bahwa sertifikat halal dengan sendirinya meningkatkan daya saing restoran atau kualitas hotel dan pada kelanjutannya daya saing industri wisata akan terdongkrak sekalipun persaingan relatif ketat baik di bidang restoran maupun perhotelan di Indonesia. Hal ini juga sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia menjadi kawasan Taman Wisata Dunia.

Follow agung contentwriter:

Latest posts from