Our Backgrounds




Trend wisata halal mulai berkembang seiring dengan meningkatnya populasi Muslim dunia. Wisata halal atau yang biasa dikenal dengan “halal tourism” kian menjadi buah bibir bagi para pelaku industri maupun wisatawan dunia. Pada faktanya, keberadaan wisata halal tak hanya diminati oleh kaum muslim saja namun juga non muslim yang merasakan kenyamanan tersendiri. Bahkan trend wisata halal ini menjadi fenomena yang menarik dibuktikan dengan data PEW research, bahwa populasi Muslim merupakan salah satu terbesar di dunia yang mencapai angka 1,7 miliar jiwa. Menariknya, justru negara-negara berpenduduk mayoritas non muslim dunia pun menjadi sasaran utama dari program pariwisata yang dikembangkan oleh negara-negara sebut saja Jepang, Tiongkok, Korea.

Berdasarkan data dari Thomson Reuters Global Islamic Economy Report 2017/2018 bahwa konsumsi Muslim menempati peringkat terbesar di 6 sektor. Hal tersebut meliputi sektor makanan, pariwisata, pakaian, farmasi, media/rekreasidan kosmetik dengan total US $ 2 triliun atau 11,9% dari konsumsi masyarakat di dunia. Lalu, pengeluaran turis muslim tahun 2015 sebesar US$151 miliar, angka itu hanya kalah dari China yang bercokol di peringkat pertama dengan pengeluaran sebesar US$168 miliar. Sedangkan jumlah pengeluaran wisatawan Muslim diprediksi akan mencapai 200 milyar dollar pada tahun 2020. Diperkirakan tahun 2021, pengeluaran turis Muslim yang ke luar negeri bisa mencapai angka US$243 miliar. Prediksi diatas karena pada tahun 2020 wisatawan Muslim akan meningkat sebanyak 180 juta jiwa dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 9.08% (rate of growth forecast) sejak tahun 2014. Disamping itu populasi Muslim dunia diprediksi akan mencapai 26,5% pada tahun 2030.

Adanya peluang yang sangat besar tentu membuat sebagian besar negara di dunia menggarap pariwisata yang bisa terbilang “seksi” ini. Bisnis pariwisata halalpun banyak dijumpai. Sebut saja mulai dari bisnis kuliner, travel agent, rumah makan & restaurant, bahkan hingga penginapan. Konsep bisnis wisata halal pada dasarnya berfokus pada bagaimana mengakomodir pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan akan kenyamanan. Beberapa fenomena akan keberadaan wisata halal seperti adanya rumah makan & restaurant bersertifikasi halal, tersedianya masjid/musholla di tempat umum, adanya fasilitas kolam renang terpisah antara pria dan wanita, hingga bahkan adanya agenda perjalanan yang berorientasi pada waktu-waktu tertentu.

Indonesia pun menjadi negara yang sangat berpotensi untuk mengembangkan pariwisata halal. Menurut data”Indonesia Foreign Exchanges Earnings Ranking 2016” dijelaskan bahwa kontribusi pariwisata terhadap devisa negara di Indonesia, sebagai penyumbang pemasukan devisa negara kedua.S ehingga pemerintahan pusat sangat menggenjot sektor tersebut dengan menjadikan Indonesia acuan destinasi wisata halal untuk wisatawan dunia. Sementara itu, pariwisata halal di Indonesia ditetapkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah Nomor 108/DSN-MUI/X/2016.

Sayangnya, tidak semua kalangan yang tahu bagaimana wisatawan bisa memperoleh informasi terkait wisata halal. Hal tersebut menjadi cikal bakal kehadiran Halal Travel Alliance sebagai wadah informasi wisata halal berbasis digital pertama di Indonesia. Halal Travel Alliance ingin memberi pemahaman tersebut, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya halal tourism. Sehingga akses segala informasi yang dibutuhkan wisatawan pemula, dipermudah terkait halal tourism di era digital ini. Apalagi, keberadaan Halal Travel Alliance mengakomodir seluruh informasi paket wisata dari pelaku industri sehingga kebutuhan wisatawan pun terpenuhi dengan baik.






Siapa Kami?

Halal Travel Alliance sebuah marketplace untuk memudahkan para pebisnis halal travel. Sebagai database industri pariwisata halal, Halal Travel Alliance memudahkan para pelaku usaha travel halal untuk melakukan aktivitas cross selling. Adanya aktivitas cross seling memudahkan para pelaku usaha meningkatkan profit perusahaan.

Why Us



 Halal Travel Alliance adalah aliansi pertama berbasis digital yang mendorong seluruh pelaku Industri wisata halal untuk bekerja sama baik dalam bidang promosi serta penjualan paket produk dan layanan wisata

 Halal Travel Alliance mewujudkan mimpi pelaku industri untuk mengembangkan bisnis secara luas

 Halal Travel Alliance menjadi satu-satunya wadah yang menyajikan perjalanan, wisata kuliner, aktraksi wisata, dan pengalaman terbaik dalam dunia pariwisata berbasis halal.

 Halal Travel Alliance memperkuat posisi destinasi family friendly and halal tourism